Powered by Blogger.

7 Manfaat Dahsyat Kunyit, dari Usir Jerawat Hingga Kanker

No comments
Kunyit atau kunir merupakan salah satu rempah yang mudah ditemukan di Indonesia. Sayang sekali kita bila tidak memanfaatkan akar tanaman yang berwarna kuning ini karena berbagai studi telah menunjukkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Manfaat tersebut didapatkan dari senyawa bernama kurkumin yang memiliki sifat antiperadangan, antioksidan, antitumor, antivirus, dan antibakteri seperti yang diungkapkan dalam penelitian Journal of American College of Nutrition.

Berikut beberapa resep untuk pemulihan maupun menjaga kesehatan.

1. Jerawat
Salah satu fungsi kunyit adalah antiperadangan sehingga pas sebagai solusi jerawat. Dokter sekaligus penulis What Doctors Eat, Tasneem Bhatia merekomendasikan campuran kunyit dengan air atau yogurt untuk mengurangi bekas luka jerawat.

2. Alzheimer
Penyekit neurodegeneratif Alzheimer bisa dicegah, salah satunya dengan konsumsi kunyit. Penelitian menunjukkan kurkumin pada kuntuo mampu membersihkan plak beta-amyloid yang terkait dengan penyakit ini.

3. Arthritis
Sebuah studi dalam Inflammopharmacology menunjukkan orang yang menderita sakit lutut mendapat perbaikan dalam hal nyeri, kekakuan, dan keterbatasan fungsi setelah rutin mengonsumsi kunyit.

Bahkan, orang yang mengonsumsi kunyit terdapat perbaikan lebih besar daripada yang mengonsumsi suplemen untuk nyeri sendi.

No comments :

Post a Comment

"Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan"