Powered by Blogger.

7 Karakteristik Template yang Baik Untuk Blog Anda

No comments
Dalam dunia blogging, melakukan desain template atau layout blog merupakan sesuatu yang tak bisa diremehkan. Ini karena template bisa mempengaruhi profesionalitas blog Anda yang dapat membuat betah atau tidaknya pengunjung blog.


Maka dari itu template atau theme design adalah salah satu unsur yang krusial bagi sebuah blog. Bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa If the content is King, then the design is the queen. First impression bagi pengunjung yang akan memberikan pengaruh yang cukup besar. Jadi, keduanya sama pentingnya.

1. Clear Navigation

Pentingnya Memilih Template yang Baik Untuk Blog
Desain blog merupakan first impression yang kuat bagi pengunjung yang datang ke blog Anda. Maka  pengunjung yang datang ke blog, umumnya hal pertama yang akan dinilai adalah tampilan blog. Tampilan blog memang merupakan hal pertama yang akan dilihat pengunjung sebelum yang lainnya. Pengunjung bisa saja akan langsung pergi dari blog Anda jika template yang ada tidak menarik atau membuat mereka bosan.

Dari hal ini tampilan atau template blog memang tak bisa Anda sepelekan begitu saja. Untuk bisa sukses dalam blogging, Anda harus membuat desain tampilan blog yang unik, meanrik dan berbeda dari blog lainnya.

Dan satu hal yang perlu Anda ingat bahwa template yang baik untuk blog tidak harus penuh dengan gambar, menggunakan flash yang berat dan pernak-pernik yang berlebihan. Template yang simple namun memiliki ciri khas akan lebih baik bagi Anda untuk blog Anda. Selain simple, ada beberapa karakteristik template blog yang baik untuk Anda ketahui. Berikut pembahasannya.


Yang pertama, karakteristik template yang baik untuk blog adalah template yang menggunakan clear navigation. Dengan menggunakan clear navigation atau navigasi yang jelas, maka pengunjung yang datang akan mampu melihat dengan jelas kesluruhan blog serta akan lebih mudah mencari apa yang mereka butuhkan.

2. Clean Background And Dark Text
Melihat dan membaca blog dalam media layar kaca memang menjadi tantangan tersendiri bagi para blogger untuk mempertahankan pengunjung yang datang dalam waktu yang lama. Namun dengan template yang nyaman seperti background putih dengan teks berwarna gelap bisa jadi solusi Anda untuk membuat pengunjung bisa berlama-lama di blog Anda. Sebenarnya Anda bisa menggunakan kombinasi warna lain selain putih dan hitam, asalkan tidak ada kombinasi warna yang dapat membuat pengunjung sakit mata.


3. No Bad Font
Pilih dan buatlah jenis font template yang mudah dibaca dan juga memiliki ukuran cukup enak dipandang mata. Hindari jenis font yang terlalu berlebihan hingga sulit dibaca atau font yang memiliki ukuran yang terlalu kecil. Jenis font yang terlampau rumit dengan ukuran yang kecil bisa membuat mata pengunjung cepat lelah atau mungkin mereka sudah pergi meninggalkan blog Anda saat melihat font yang sedemikian rupa.

4. No Blingky Images and High Flash
Hal berikutnya yang perlu Anda hindari dalam template blog adalah sesuatu yang berlebihan seperti tampilan bling bling atau flash yang tinggi. Alih-alih membuat tampilan blog lebih atraktif, komponen berlebihan ini bisa menjadikan blogmu akan tampil melambat dan jadi terlihat tidak profesional.

5. No Pop Up Window
Percayalah, pop up window akan membuat pengunjung malas dan jemu. Dan bukan tidak mungkin pop up window bisa membuat pengunjung pergi meninggalkan blog Anda dan tidak datang lagi. Maka dari itu daripada membuat pop up window, alangkah lebih baik Anda fokus untuk membuat konten yang baik dan bermanfaat.


6. Informative Sidebar
Manfaatkan dan maksimalkan fungsi sidebar dengan mengisi link-link artikel terkait atau berhubungan. Dengan memanfaatkan fungsi side bar dengan baik maka pengnjung bisa akan lebih nyaman dan akan betah berlama-lama  lama berada di blogmu. Jangan lupa juga untuk memuat kategori blog, recent posts, dan link-link penting lainnya.


7. Use Plugin
Terakhir, karakter template yang baik untuk blog adalah template yang menggunakan dan memanfaatkan fungsi plugin. Dengan memaksimalkan fungsi plugin yang tersedia maka akan membuat tampilan blogmu menjadi semakin menarik. Dan untuk kasus yang satu ini, blog berbasis wordpress merupakan blog yang paling atraktif dibanding blog lain dalam penggunaan plugin.

No comments :

Post a Comment

"Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan"